Wira Nagari, dipanggil Gari – lebih senang ditulis Garry, Hari Mahardika, dipanggil Hari – maunya ditulis Harry, Puteri Dirgantari, dihimbau Tari, sukanya ditulis Terry dan Dewa Bahari, dihimbau Bari, kalau ditulis Barry – adalah 4 sekawan sebuah SD di Duri Kepa Jakarta Barat. [Aneh memang, anak Indonesia merasa keren kalo namanya ditulis seperti nama-nama di TV]. Mereka pintar-pintar dan langganan “rangking” di kelas. Bahkan untuk urusan ini mereka bersaing.

Mereka dari keluarga sederhana namun tetap ceria. Hari itu, hari pertama sekolah Barry mengabarkan ketiga temanya kalau sekarang ibunya berjualan di kantin sekolah. “Ada lontong, goreng pisang, bakwan, tahu, dan masih banyak lagi” katanya berpromosi. “Walau kita teman, tetap kalian harus mbayar”, tambahnya lagi. Dengan bersemangat, pada waktu istirahat mereka menyambangi warung Ibu Barry.

Setiap anak mengambil 2 jenis, 1-nya 500 rupiah. Setelah menikmati jajanan Garry, Terry dan Harry menyerahkan masing-masing 1.000 rupiah ke Ibu Barry. Melihat inisiatif Barry mengundang kawannya berbelanja di warungnya Sang Ibu memberi tips 500 rupiah dengan pecahan 100 rupiah. Dan mereka pun berlalu dari situ untuk pergi bermain.

Mendapatkan 500, Barry sangat senang dan memberikannya masing-masing 100 rupiah kepada kawan-kawannya. “Buat beli permen”, katanya. Kawannya pun dengan senang hati menerima.

“Eh, tunggu”, kata Terry. “Aku punya teka-teki.”lanjutnya.

“Apaan tuh……..??”, tanya Garry. “Baru saja kita jajan masing-masing 1000, nah kalau ber3 itu = 3000. Terus Ibu Garry memberi Garry 500 – kemudian Garry memberi kita masing-masing 100.”

“Panjang banget..!”, celetuk Harry.

“Tunggu dulu, belum selesai”

foyourinfo.gif

“Artinya setiap kita jajan 900. Ber3 jumlahnya 2700. Sedangkan kita membayarkan ke Ibu Garry untuk ber3 itu 3000. Nah, kenyataannya kita ber3 hanya jajan 2700 tapi Barry masih ada 200 lagi. Dan, 2700+200 itu kan 2900, padahal kita tadi belanja 3000. lah yang 100 lagi kemana?” kata Terry menuntaskan teka-tekinya.

mikir.gif Ke3 temannya pun mulai berpikir!

10 menit berikut, ketika bel masuk berbunyi teka-teka “Miss Terry” yang imut ini belum terjawab.

Anda bisa menemukan yang 100 itu? Atau kita mesti mengadu lagi ke deKing, Al Jupri atau ke axireaxi? Malu dong, nanya melulu?

Bila sudah terjawab, KLIK dan AMBIL HADIAHNYA!

Iklan